Senin, 01 Desember 2008

Komputer dan Arsitektur

Melihat perkembangan digital dan arsitektur di kampus sekarang sepertinya menyenangkan, jauh lebih baik kondisinya dibanding 5-7 tahun yang lalu ketika visi komputer dan arsitektur ditentang habis-habisan oleh dosen-dosen senior yang tidak/kurang mengerti tentang komputer sebagai media, alat dan asisten desain. Komputer sebagai alat bantu gambar adalah kuno (Computer Aided Drawing), hal ini dulu berbenturan dengan sikap pengajar senior. Bagaimana dengan perkembangannya? komputer itu adalah asisten perancang (CAD: Computer Aided Design).

Yang lucunya staf pengajar seperti gegap gempita dengan program komputrisasi dalam pengajaran, pengadaan komputer tiba-tiba menjadi mudah dan murah untuk keperluan lab, visi-visi IT tiba-tiba keluar begitu saja, padahal semua visi tersebut sudah tertulis 7 tahun yang lalu oleh 7 orang yang sekarang hanya bersisa 1 orang karena berstatus pengajar tetap.

Kampus negeri yang menjadi swasta memang menjadi mahal. Semoga semua kondisi tersebut diimbangi perkembangan mahasiswanya dan tak lupa staf pengajarnya.

Tidak ada komentar: